Solusi mengatasi gagal instal apk android | CakDroid

Solusi mengatasi gagal instal apk android

Solusi mengatasi gagal instal apk android 

Saat aplikasi Google Play Store gagal menginstal aplikasi secara otomatis,  menginstall aplikasi dari file Apk adalah salah satu alternatif yang sering di gunakan oleh para pengguna perangkat Android pada saat menginstall aplikasi.

Banyak alasan kenapa mereka memilih menggunakan cara ini, mulai dari untuk mencari versi lama sebelum versi terbaru, untuk menginstall aplikasi yang tidak ada atau tersedia di play store, untuk menguji aplikasi-aplikasi yang baru dibuat sendiri atau karena selalu gagal memasang aplikasi dari play store.

Banyak sekali situs yang menyediakan file apk dengan gratis dan saya disini menyimpulkan bahwa Anda sudah mendownload file apk yang ingin di pasang di perangkat Andoid Anda akan tetapi selalu gagal saat proses instalasi.

Saat Perangkat Android tidak bisa menginstall apk, biasanya selalu muncul pesan yang berbeda-beda seperti “Sorry, package installer has stopped unexpectedly”, “installer package error 919”, “parse error” atau “Unable to open file”.  Hal tersebut adalah beberapa contoh masalah pada saat kita sedang memasang aplikasi apk.

Lantas, apakah penyebabnya serta bagaimana solusi untuk mengatasi gagal install apk di Android? Penyebab Tidak Bisa Install File Apk Di Perangkat Android Sebenarnya, apakah Apk itu? Apk adalah Android application package yang mana jenis file dengan format seperti ini hanya bisa diinstall dan digunakan pada smartphone, tablet dan emulator dengan sistem operasi Android Google.

Akan tetapi bukan berarti sudah pasti bisa terinstall di Android yang Anda gunakan karena ada beberapa penyebab utama tidak bisa install apk seperti berikut ini.


*.Sistem operasi Android tidak kompatibel dengan file Apk tersebut.

Dalam artian, setiap aplikasi mempunyai versi yang biasanya ditandai dengan Versi 2.0, 3.0, atau 3.1. Begitupun sebaliknya, OS Android juga mempunyai tingkatan nama versi seperti Jelly Bean, Kitkat, Lollipop dan juga Marshmallow.

*.File Apk rusak.

Hal ini terjadi bisa dikarenakan pada saat proses pengunduhan yang terhenti ditengah jalan kemudian dilanjutkan kembali, atau bisa di sebabkan file apk tersebut telah dimodifikasi dan pada saat si developer melakukan recompile ada file yang tertinggal.

*.File apk belum dilakukan Sign.apk.

OS Android tidak mau menginstall aplikasi yang tidak/belumditantangani sertifikatnya secara digital. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi siapakah pembuat aplikasi yang bisa kita lihat dari sertifikat tersebut.

*.Aplikasi Google Play Service terhapus.

Pada saat aplikasi akan kita gunakan selalu menutup sendiri atau force close padahal kita sudah berhasil memasang aplikasi dari file apk tersebut, itu karena membutuhkan google play service. Hal ini biasanya akan sering terjadi pada aplikasi berbayar yang di install pada smartphone Android yang sudah di root.

*.Banyak cache didalam sistem dan belum dibersihkan.

Cache adalah temporary files (file sementara) yang otomatis dibuat oleh setiap aplikasi Android untuk mempercepat kinerja mereka tetapi aplikasi yang telah kita hapus pun meninggalkan cache. Hal ini bisa menyulitkan aplikasi baru dalam mendapatkan ruang didalam sistem.

*.Terdapat paket aplikasi bernama sama Tetapi tanda tangan berbeda
Pada saat kita telah menginstal Hal ini sering terjadi pada saat mau menginstal BBM dengan versi yang telah dimodifikasi.



Penyebab diatas hanyalah sedikit saja karena masih banyak penyebab lain yang bisa menjadi alasannya. Hal tersebut juga bisa tergantung dari type smartphone, tablet atau OS Android yang di gunakan. Mari disimak cara mengatasinya berikut ini.


1.Hal yang paling penting adalah mengaktifkan fitur install apk dari sumber lain

Caranya masuk menu Settings -> Security -> setelah itu centang ”Unknown sources“. Mengaktifkan Fitur ini dapat menjadikan perangkat android anda dapat menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal Google Play Store maupun perangkat android itu sendiri.

2.Carilah file Apk dengan versi yang kompatibel dengan OS Android 

dari Perangkat Android Anda. Aplikasi membutuhkan system requirement alias persyaratan sistem, biasanya spesifikasi Sistem OS,kernel,dan RAM perangkat Android menjadi salah satu faktor penyebab utama tidak bisa menginstal aplikasi Android.

3.Bersihkan cache

Anda bisa menggunakan aplikasi Clean Master untuk melakukannya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Setiap aplikasi yang terpasang pasti akan menambah cache.

4.Pasanglah aplikasi APK installer dari play store.

 Aplikasi ini untuk menginstall dan mengelola fileApk.

5.Lakukan reset ulang android, atau Factory Reset

Dan cara ini akan membuat hp android Anda seperti seperti baru kembali. Ini juga akan mereset semua aplikasi di android akan menjadi seperti baru terpasang. Dengan keadaan fresh Android maka tidak akan muncul lagi permasalahan tidak bisa instal aplikasi.

Demikian Solusi mengatasi gagal instal apk android apabila anda mengalami masalah saat menginstal aplikasi di playstore baca solusinya disini dan terima kasih atas kunjunganya.

1 Response to "Solusi mengatasi gagal instal apk android"

Powered by Blogger.

Archieve Blog