Cara Mudah Backup Data Atau Mencadangkan Data Android | CakDroid

Cara Mudah Backup Data Atau Mencadangkan Data Android

Cara Mudah Backup Data Atau Mencadangkan Data Android 

 Banyak para pengguna perangkat android yang kebingungan dengan istilah backup pada android Apa anda tahu dari istilah backup? Backup dalam bahasa berarti cadangan, Namun yang dimaksudkan backup dalam android ini adalah membuat cadangan file atau data.

Backup atau membuat cadangan data di sistem android adalah piihan bagi pengguna yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah apabila terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan pada sistem android maka cadangan data yang kita buat adalah satu-satunya cara agar segala settingan data aplikasi dan settingan lainnya dapat dikembalikan di perangkat android dengan mudah.
Lalu, bagaimana cara mencadangkan data di perangkat android? silahkan anda simak tutorialnya dibawah ini.

Cara membuat backup/cadangan data di android secara manual dengan aplikasi :


1.Download Dan Instal aplikasi Titanium Backup


2. Klik pada menu ‘Backup/Restore’. 

Tanda segitiga kuning ditiap kanan aplikasi, menandakan bahwa aplikasi tersebut belum ter-backup. Lalu klik tulisan ‘Menu’ pada pojok kanan atas.

3.Klik ‘Batch actions’.


4.Pada backup ada 3 pilihan: 

‘backup all user apps (app pengguna),
backup all system data (app sistem),
backup all user apps+system data(keduanya)’.


5.Terdapat 2 ceklis warna biru dan hijau.

Warna biru untuk file yang akan Anda backup. Setelah itu, klik ceklis berwarna hijau pada pojok kanan atas untuk actionnya.

6.Tunggu proses backing up hingga 100%.


7.Jika proses backup selesai, maka akan ada simbol icon orang tersenyum pada bagian kanan aplikasi yang berarti proses backing up berhasil.


8.Selesai.


Diatas adalah cara untuk membackup-nya saja, Namun bagaimana untuk cara merestore / mengembalikan data? Simak tutorial dibawah.


1.Pergilah ke “Menu>Batch” saat

“Backup/Restore”.
layar pada berada Gulir kebawah sampai Anda melihat sub-judul “Restore.” Disini, Anda bisa memilih opsi yang cocok dengan restorasi data Anda,
Anda hanya ingin restore data level yang telah terbuka pada game Angry Birds. Ketuklah aplikasi Angry Bird, yang ada didalam daftar “Backup/Restore” dan klik “Restore.”

Cara membuat backup/cadangan data did android secara otomatis lewat server google :

1. Buka pengaturan atau setelan pada perangkat android anda.

2. Setelah terbuka, Carilah menu bertulisan ' Buat cadangan & setel ulang ', masuklah ke menu tersebut. lihat contoh gambar bawah.

3. Di dalam menu cadangan data ada beberapa menu pilihan.

4. Enable atau aktifkan semua pilihan dengan mencentang 'mencadangkan dataku' dan 'pemulihan otomatis'.

5. Selesai dan tutup pengaturan.

Catatan: Cara diatas hanya akan berfungsi jika anda memiliki akses internet, untuk mengupload data/backup data ke server Google.

Simple dan mudah sekali bukan cara mencadangkan atau membuat backup, dengan cara diatas jika nantinya bila terjadi sesuatu pada android semisal sistem error dan mengharuskan reset ke pengaturan pabrik maka cadangan data yang telah anda buat akan mengembalikan settingan ke pengaturan sebelumnya. Terima kasih

0 Response to "Cara Mudah Backup Data Atau Mencadangkan Data Android"

Post a Comment

Powered by Blogger.

Archieve Blog