Cara Menghemat Dan Merawat Baterai Android Agar Tidak Boros! | CakDroid

Cara Menghemat Dan Merawat Baterai Android Agar Tidak Boros!

Cara Menghemat Dan Merawat Baterai Android Agar Tidak Boros! -

 Perangkat android sangat identik dengan baterai yang boros. Walaupun tidak semua perangkat android memiliki daya tahan baterai yang boros, tapi ada saja ponsel yang daya baterainya hanya mampu bertahan dalam beberapa jam saja. Sehingga kamu harus melakukan charge berulang-ulang setiap hari.

Tentunya hal ini sangat menjengkelkan ya? Apalagi jika kamu orangnya jauh dari sumber listrik. Jika hal ini terjadi pada ponsel kamu, maka kamu telah berada di blog yang tepat. Saya akan membahas mengenai beberapa macam cara yang bisa langsung kamu terapkan untuk menghemat baterai.

Sebelum melakukan cara penghematan baterai, alangkah baiknya kamu harus mengetahui penyebab kenapa baterai pada perangkat android mu bisa menjadi boros dan gampang lowbat.


Beberapa penyebab yang umum terjadi adalah:


*.Spesifikasi hardware yang terlalu rendah.
*.Menggunakan/Mengaktifkan Perangkat android saat charge
*.Terlalu banyak aplikasi yang berjalan, yang bahkan bisa membuat perangkat android menjadi lemot.
*.Kecerahan layar terlalu tinggi.
*.Terlalu lama untuk charge perangkat android.
*.Terlalu banyak widget.
*.Selalu menggunakan Live Wallpaper.
*.Wi-Fi, Data, Sync, GPS, dan Bloetooth yang aktif saat tidak dibutuhkan.
*.Kondisi sinyal lemah dan kritis.
*.Terlambat untuk charge smartphone android.
*.OS Android yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel.
*.Bermain game terus menerus tanpa henti.
*.Kerusakan fisik pada baterai





Setelah mengetahui penyebabnya, dibawah ini saya sudah membeberkan tips dan solusi dalam mengatasi baterai ponsel android yang boros. Solusi Mengatasi Baterai Boros Pada HP Android








1. Hindari penggunaan walpaper live

Selain membuat ponsel android menjadi lemot, penggunaan live wallpaper juga akan menguras daya tahan baterai android sehingga menyebabkan baterai menjadi boros dan gampang lowbat.Solusi yang tepat untuk kasus ini adalah menggunakan wallpaper statis, alias wallpaper yang tidak bergerak.

2. Gunakan Wallpaper Hitam

Menggunakan wallpaper biasa ketimbang live wallpaper memang bisa menghemat baterai hampir 80%. Lalu kenapa wallpaper bernuansa hitam/gelap bisa lebih menghemat baterai jika dibandingkan dengan wallpaper berwarna cerah?Alasannya?Karena layar hanya akan menerangi bagian wallpaper yang berwarna saja.

Berdasarkan diskusi pada forum XDA Developer, beberapa orang di sana sudah melakukan eksperimen terkait hal ini dan hasilnya, kita bisa menghemat daya tahan baterai sampai 6% per jam pada kecerahan layar sekitar 20%.

3. Matikan Fitur GPS

Fitur ini berguna dalam mengetahui lokasi dan bisa menunjukkan navigasi jika kamu sedang dalam perjalanan jauh. Perangkat android akan bekerja terus menerus untuk mencari sinyal satelit, dan tentunya setiap pergerakan akan dicatat oleh satelit secara otomatis menggunakan akses internet anda.
Oleh karena itu, matikan GPS jika kamu sedang berada di dalam rumah. Cara menonaktifkan GPS pun sangat mudah. Pergi ke menu “Settings / Setelan » Location / Lokasi“. Lalu nonaktifkan.

4. Atur Kecerahan Layar

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan baterai Android anda menjadi boros adalah tingkat kecerahan layar yang tinggi. Kenapa? Karena untuk menerangi layar dengan kecerahan yang terang dibutuhkan daya baterai yang tinggi.

Untuk itu, aturlah tingkat kecerahan layar (brightness) ke titik terendah, tapi anda masih bisa melihat layar dengan jelas. Cara mengaturnya pun sangat mudah.Pergi ke menu “Settings / Setelan » Display / Tampilan » Brightness / Kecerahan“. Selanjutnya atur tingkat kecerahannya ke tingkat terendah tapi masih nyaman dilihat oleh mata.

5. Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Sebenarnya fitur Sync (Sinkronisasi) ini berguna untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari sebuah aplikasi. Lebih tepatnya, fitur ini mampu mengatur sebuah aplikasi agar bisa melakukan sinkronisasi dengan server aplikasi tertentu. Aplikasi akan mendapatkan sinkronisasi data bila fitur ini diaktifkan.

Sebaliknya, jika auto sync dimatikan maka aplikasi tidak akan menerima pemberitahuan dan sinkronisasi data, seperti email atau aplikasi sosial media. Saran saya, matikan fitur auto sync pada aplikasi yang tidak anda gunakan saja. Caranya pergi ke menu “Setelan / Settings » Accounts & Sync“. Lalu pilih akun mana yang akan dinonaktifkan fitur auto Sync-nya

6. Nonaktifkan Getar dan Nada Tombol

Fitur getar inilah yang menyebabkan baterai android cepat boros bila android sangat sering bergetar .Saya menyarankan agar menonaktifkan fitur getar tersebut, baik saat ada SMS atau panggilan masuk, atau ada notifikasi dari aplikasi tertentu seperti Email, BBM atau Facebook. Jadi cukup gunakan nada dering saja, tanpa getar. Cara menonaktifkan fitur ini pun sangat mudah. Pergi ke menu “Settings (Setelan) » Nada/Profil Audio“. Setelah itu jangan centang pada menu Getar dan Getar saat disentuh.
Selain getar, kamu juga harus mematikan nada tombol.Karena menurut pengalaman saya, mengaktifkan nada tombol bisa mengurangi daya baterai secara cepat. Bayangkan saja, setiap anda mengetik 1 huruf / karakter, android anda berbunyi.Atau setiap anda menyentuh layar, android anda berbunyi.Tentunya hal ini bisa membuat baterai anda cepat habis.

7. Atur Waktu Tidur Layar

Mengatur berapa lama waktu layar hidup saat tidak digunakan adalah hal yang patut diperhatikan untuk mencegah baterai cepat habis. Idealnya, waktu ketika layar android mati secara otomatis ketika tidak disentuh adalah 15 detik dan 30 detik.Baterai ponsel kamu akan semakin berkurang seiring semakin lama layar tersebut menyala.

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi.“Layar adalah faktor terbesar yang membuat baterai hp android menjadi boros.”Oleh karena itu, agar konsumsi dayabaterai menjadi lebih hemat maka kamu perlu mengatur waktu tidur pada layar saat tidak digunakan.Ini penting, jangan dianggap sepele.

Bayangkan saja, jika kamu mengatur waktu tidur layar selama 5 menit, maka daya baterai ponsel kamu 20x lebih boros ketimbang kamu mengatur waktu tidur selama 15 detik.Cara mengaturnya pun sangat mudah. Pergi ke “Setelan / Settings» Tampilan / Display » Tidur / Sleep.Kemudian atur berapa lama layar hidup saat tidak disentuh. Saya menyarankan untuk memilih yang 15 detik atau 30 detik saja.

8. Matikan Data Internet, Gunakan Wi-Fi

Baterai akan cepat boros jika sinyal lemah, terlebih saat koneksi Data dihidupkan. Ponsel android anda akan terus menerus berusaha mencari sinyal dan jaringan terbaik. Secara tak sadar daya baterai yang digunakan untuk mencari sinyal sangat banyak, sehingga baterai tidak akan bertahan lama.
Untuk itu, saya lebih menyarankan untuk menggunakan Wi-Fi saja. Dengan syarat jika kamu berada pada jangkauan jaringan Wi-Fi yang bagus Alasannya?Karena biasanya sinyal Wi-Fi dari router ini lebih.

Sebaliknya, jika anda sedang tidak menggunakan Wi-Fi, sebaiknya nonaktifkan saja fitur ini. Sebagai gantinya gunakan saja sambungan data dari provider. Tapi dengan syarat, koneksi data harus dimatikan jika sedang tidak digunakan.Jangan biarkan koneksi data ponsel tersambung secara terus menerus saat sedang tidak digunakan. Kecuali jika anda ingin selalu menerima notifikasi secara real time dari aplikasi sosmed, seperti BBM atau Facebook.

9. Uninstall/Tutup Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel ini, aplikasi yang tidak sering digunakan atau tidak berguna sama sekali sebaiknya dihapus saja.Ada kalanya ada aplikasi yang tidak dibuka, tapi masih berjalan di belakang layar. Tentunya hal ini akan membuat daya tahan baterai tidak akan bertahan lama.

Untuk itu, menghapus aplikasi tersebut adalah solusinya. Selain melegakan memori, juga dapat menghemat baterai karena mengurangi kerja ponsel.Tapi jika anda ingin menjaga aplikasi tersebut tetap ada di ponsel anda, sebaiknya Hentikan paksa / Force stop” alias Disable aplikasi tersebut. Dengan begini, aplikasi tersebut tidak akan berjalan di belakang layar walau tidak sedang digunakan. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi yang memang membuat baterai menjadi boros.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh AVG pada bulan Oktober 2015 terhadap 200 juta unit ponsel android, dan hasilnya, terbukti bahwa aplikasi Facebook adalah aplikasi nomor 1 yang membuat baterai menjadi boros. Di urutan kedua ada aplikasi Google Play Services dan diikuti oleh aplikasi lainnya.Lalu pada hasil berikutnya ada aplikasi SnapChat yang boros saat pemakaian, diikuti aplikasi Amazon US, Spotify, dan seterusnya.

10. Kurangi Widget

Membuang widget yang tidak digunakan adalah hal yang perlu anda lakukan untuk menghemat baterai. Selain itu, juga meringankan RAM dan tidak akan membuat ponsel android menjadi lemot.
Widget cuaca misalnya, jika anda memang tidak membutuhkan informasi cuaca, sebaiknya buang widget ini.Kenapa? Karena widget ini akan membuat ponsel bekerja secara terus menerus menggunakan koneksi internet untuk mengupdate status cuaca terbaru ke ponsel anda. Sama halnya dengan widget yang lain, seperti widget yang tersinkronisasi dan selalu melakukan update.

Contohnya Gmail, facebook, twitter, dan sejenisnya. Buang jika kamu memang tidak membutuhkannya. Caranya tap pada widget atau layar kosong selama 2 detik, lalu masukkan widget yang tidak digunakan ke dalam tong sampah.Jangan biarkan ponsel anda penuh dengan aplikasi sampah yang tidak berguna. Jadilah pengguna yang smart..

11. Jangan Streaming

Menurut pengalaman saya dan beberapa teman, melakukan streaming di hp android membuat baterai menjadi boros. Entah itu sreaming video atau musik. Memang sih, streaming di youtube atau mendengarkan musik di soundcloud itu memang menyenangkan, tapi jangan kaget kalau baterai anda akan cepat terkuras habis.Sebaiknya kamu menyimpan data video atau musik tersebut ke memori. Selain menghemat kuota internet, hal ini juga bisa menghemat daya baterai.

12. Install Aplikasi “Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai? SepertiDU Battery atau Easy Battery saver? Ya. Aplikasi tersebut yang saya maksud.Tapi jangan salah sangka dulu, aplikasi tersebut benar-benar tidak akan menghemat baterai android anda. Kenapa begitu? Begini, aplikasi seperti DU Battery, Easy Battery Saver atau sejenisnya itu adalah aplikasi manajemen baterai.

Lalu apakah perlu menginstall aplikasi penghemat baterai walaupun hasil penghematan dayanya tidak signifikan?Menurut saya tidak masalah jika anda menginstall aplikasi jenis ini. Selain untuk monitoring penggunaan baterai, anda juga bisa tau apa yang harus dilakukan jika baterai menjadi boros.

Jadi sekalipun anda menginstall aplikasi diatas, akan percuma jika kamu tidak melakukan tindakan sama sekali.Makanya banyak user android yang mengeluh baterai mereka boros walaupun sudah install aplikasi penghemat baterai.

13. Matikan Bluetooth dan NFC

Jika anda sedang tidak membutuhkan kedua fitur ini, sebaiknya dinonaktifkan saja. Percuma kan jika bluetooth atau NFC aktif jika anda tidak menggunakannya.Mematikan fitur ini jika sedang tidak digunakan adalah langkah yang paling tepat.

14. Hidupkan Airplane Mode / Mode Penerbangan

Saat ponsel anda kesulitan mencari sinyal,atau sinyal sangat lemah sampai-sampai bar notifikasi menunjukkan keadaan darurat, sebaiknya hidupkan Airplane Mode.Jangan paksa android anda mengambil energi tambahan dari baterai hanya untuk mencari sinyal secara terus.

Ini yang membuat baterai menjadi boros.Cara mengubah ke mode Penerbangan pun sangat mudah. Pergi ke “Setelan / Settings » Jaringan dan Nirkabel“. Lalu centang pada menu Mode Pesawat / Airplane Mode.

15. Aktifkan Modus Hemat Baterai

Fitur ini hanya tersedia pada OS Android Lollipop dan diatasnya. Mengaktifkan modus ini juga akan menghemat baterai android anda jika dalam keadaan kritis.Jika presentase baterai dalam kondisi kritis, maka fitur ini akan mengaktifkan mode power saver.

Kemudian power saver tersebut akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan dan meredupkan layar. Sehingga daya baterai akan bertahan lebih lama dari biasanya.
Selain ke 15 cara diatas, saya juga akan membagikan beberapa cara untuk merawat baterai ponsel. Cara merawat baterai android agar tidak gampang boros ini berkaitan dengan cara dan kebiasaan anda memakai smartphone sehari-hari.


Tips Merawat Baterai Android


Tips#1 Jangan pernah charge ponsel terlalu lama.

Jika presentase baterai sudah mencapai 100%, sebaiknya dicabut agar tidak terjadi overcharge yang bisa menyebabkan baterai android sedikit demi sedikit mengurangi umur baterai.

Tips#2 Jangan gunakan ponsel ketika sedang dicharge.

Selain membuat pengisian baterai menjadi lama, menggunakan ponsel saat sedang dicharge bisa membuat baterai menjadi overheating/panas. Apalagi jika digunakan untuk bermain game saat dicas, bisa merusak baterai.

Tips#3 Saat mengisi baterai, sebaiknya colokkan langsung ke sumber listrik

Jangan mengisi baterai dengan charger Wi-Fi (Wireless charging) atau mengisi baterai menggunakan kabel USB di komputer. Selain itu, juga jangan terlalu sering menggunakan Power Bank untuk mengisi baterai. Gunakan power bank jika sudah terdesak dan tidak ada sumber listrik atau saat keadaan mati lampu.

Tips#4 Jangan biarkan baterai kosong alias low-bat.

Jangan terlalu sering melakukan hal ini. Jika terjadi terus menerus, maka kesehatan baterai android anda secara fisik akan terus menurun. Saya menyarankan agar charge baterai saat dibawah 20%. Biasanya, smartphone selalu mengingatkan jika baterai low-bat, umumnya jika baterai sudah diambang 14%. Jika notifikasi seperti itu muncul, segera charge baterai anda.

Tips#5 Gunakan charger orisinil smartphone.

Charger ori/bawaan selalu satu paket dengan smartphone saat pertama anda membeli di toko. Selalu cas baterai menggunakan charger bawaan tersebut, jangan gunakan charger milik merk handphone lain!. Kenapa? Karena charger ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan ponsel dan baterai. Charger orisinil sudah pasti memiliki output daya yang sesuai, jadi sudah pasti tidak akan merusak baterai.

Tips#6 Jaga agar ponsel tetap dingin.

Ponsel yang panas akan membuat baterai menjadi cepat habis dan boros daripada saat ponsel dalam keadaan dingin. Walapun kamu tidak sedang mengoperasikan handphone, jika ponsel dalam keadaan orverheating/panas, daya baterai akan cepat terkuras. Pada temperatur rata-rata 32 derajat Farenheit,

baterai tipe Li-Ion akan kehilangan 6% dari kapasitas maksimum per tahun. Jika sudah mencapai 77 derajat, presentase nya meningkat menjadi 20%. Maka dari itu, jagalah agar smartphone tetap dingin, tempatkan di ruangan yang mempunyai suhu rendah.

Tips#7 Usahakan charge baterai ponsel dalam keadaan mati.

Charge baterai saat ponsel dalam keadaan hidup membuat waktu pengisian baterai kurang optimal. Maka dari itu, jika baterai sudah low-bat, segera matikan ponsel dan charge baterai sampai penuh.


Demikian 22 Cara Menghemat Dan Merawat Baterai Android Agar Tidak Boros! semoga dengan tips yang saya berikan dapat menjadikan baterai anda awet dan tidak boros. terima kasih

2 Responses to "Cara Menghemat Dan Merawat Baterai Android Agar Tidak Boros!"

  1. wah bagus buat di coba.. biar baterai hp ane awet..

    ReplyDelete
  2. wahh, lengkap nihh, perjalanan panjang jadi gak perlu bawa powerbank :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Archieve Blog